July 18, 2024

Digtif – Fintech: Finance Technology

Informasi Layanan Keuangan dan Teknologi

Yuk Mengenal FinTech! Keuangan Digital yang Tengah Naik Daun

Yuk Mengenal FinTech! Keuangan Digital yang Tengah Naik Daun

https://digtif.com/ – Halo sobat digtif, era digital saat ini diwarnai dengan munculnya perusahaan-perusahaan baru yang memanfaatkan perkembangan teknologi. Perusahaan-perusahaan baru ini disebut dengan perusahaan rintisan atau startup. Startup adalah perusahaan yang baru berdiri atau masih dalam tahap merintis, umumnya bergerak di bidang teknologi dan informasi di internet. Oleh karena itu, istilah startup tidak berlaku untuk semua bidang usaha.

Pergerakan startup di Indonesia terus mengalami perkembangan yang pesat. Jenis startup dibedakan menjadi dua, yaitu e-commerce dan Financial Technology (FinTech). E-commerce menyediakan platform jual beli online, sedangkan FinTech berfokus pada inovasi di bidang jasa keuangan dengan sentuhan teknologi modern. E-commerce dan FinTech saling bersinergi, di mana e-commerce sebagai platform jual beli dan FinTech membantu proses pembayaran menjadi lebih mudah dan diterima oleh masyarakat luas.

Apa Itu FinTech?

FinTech adalah salah satu alternatif berinvestasi yang menghadirkan pilihan bagi Sobat digtifyang ingin mengakses layanan jasa keuangan secara praktis, efisien, nyaman, dan ekonomis. Keberadaan FinTech sangat memengaruhi gaya hidup masyarakat ekonomi. Perpaduan antara efektivitas dan teknologi memiliki dampak positif bagi masyarakat pada umumnya.

Manfaat FinTech di Lingkungan Masyarakat

  1. Mendukung Perkembangan Startup: FinTech membantu perluasan lapangan kerja dan meningkatkan pertumbuhan ekonomi dengan mendukung startup teknologi.
  2. Meningkatkan Taraf Hidup: FinTech menjangkau masyarakat yang tidak dapat dijangkau oleh perbankan konvensional, membantu mereka memperoleh layanan keuangan.
  3. Meningkatkan Penjualan E-commerce: Kemudahan yang ditawarkan oleh FinTech meningkatkan transaksi dan penjualan di e-commerce.
  4. Menurunkan Bunga Pinjaman: FinTech menawarkan pinjaman dengan bunga yang lebih rendah dibandingkan perbankan konvensional.

Pertumbuhan Pengguna FinTech

Pengguna FinTech di Indonesia terus meningkat. Berdasarkan data dari World Bank, pengguna FinTech yang awalnya 7% pada tahun 2007, berkembang menjadi 20% pada tahun 2011, meningkat menjadi 36% pada tahun 2014, dan mencapai 78% pada tahun 2017. Pada tahun 2017, terdapat sekitar 135-140 perusahaan FinTech di Indonesia dengan total nilai transaksi diperkirakan mencapai Rp 202,77 Triliun.

Jenis-Jenis FinTech di Indonesia

  1. Crowdfunding: Penggalangan dana untuk inisiatif atau program sosial. Contoh: https://biganimal.xyz/
  2. Microfinancing: Menyediakan layanan keuangan bagi masyarakat kelas menengah ke bawah. Contoh: Amartha
  3. P2P Lending Service: Memudahkan masyarakat meminjam uang tanpa proses yang berbelit-belit. Contoh: AwanTunai
  4. Market Comparison: Membandingkan produk keuangan dari berbagai penyedia jasa dan berfungsi sebagai perencana finansial.
  5. Digital Payment System: Menyediakan layanan pembayaran tagihan seperti pulsa, kartu kredit, dan token listrik PLN. Contoh: Payfazz

Kesimpulan

Bagaimana Sobat digtif? Siapkah kamu menghadapi peralihan hidup yang serba online ini? Dinamika teknologi ini bisa menjadi peluang sekaligus tantangan bagi industri keuangan. Yuk, digtif uangmu dengan bijak. Cerdas mengelola, masa depan sejahtera!

Share: Facebook Twitter Linkedin
Leave a Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *