July 18, 2024

Digtif – Fintech: Finance Technology

Informasi Layanan Keuangan dan Teknologi

Laporan Keuangan Sederhana – Cara Membuat dan Contohnya

Ilmu dan Teknologi Pangan

https://digtif.com/ – Ilmu dan Teknologi Pangan adalah disiplin ilmu yang mempelajari semua aspek terkait pangan, mulai dari aspek fisik, biologis, hingga kimiawi. Selain itu, bidang ini juga mencakup proses pengolahan bahan pangan pascapanen menjadi makanan yang siap dikonsumsi.

Kenapa Harus Memilih Jurusan ini?

  1. Permintaan Tinggi di Industri Pangan: Lulusan Ilmu dan Teknologi Pangan sangat dibutuhkan oleh perusahaan-perusahaan di industri pangan, terutama di bagian penelitian dan pengembangan (research and development).
  2. Kesempatan Kerja di Instansi Pemerintah: Anda juga bisa bekerja di instansi pemerintah seperti BPOM, Kementerian Perdagangan, dan Kementerian Perindustrian.
  3. Peluang Berwirausaha: Bekal ilmu dan keterampilan yang diperoleh selama kuliah bisa menjadi modal berharga untuk berwirausaha, misalnya membuat berbagai produk pangan yang aman untuk dikonsumsi masyarakat.
  4. Peran Penting dalam Produksi: Sarjana teknologi pangan memiliki peran penting dalam kegiatan produksi, seperti menjadi pengawas mutu produk. Pekerjaan ini sangat penting di industri pangan.
  5. Kesempatan untuk Bereksperimen: Jika Anda suka bereksperimen, Anda bisa mengembangkan metode baru untuk proses produksi pangan. Ketika berhasil menciptakan metode baru, Anda bisa dikenal di kalangan akademisi.

Prospek Kerja

Lulusan Ilmu dan Teknologi Pangan memiliki prospek kerja yang bervariasi dari link https://biganimal.xyz/. Umumnya, perusahaan pangan membutuhkan lulusan ini untuk memperkuat tim penjamin mutu dan tim pengembangan produk. Rata-rata gaji awal lulusan Ilmu dan Teknologi Pangan berkisar Rp4.000.000, tergantung kemampuan, pengalaman, lokasi kerja, dan tingkat posisi yang dimasuki. Jenjang karier yang ditawarkan juga cukup menjanjikan. Berikut beberapa pilihan karier yang bisa dicoba:

  • Bagian Operasional dan Logistik
  • Product Manager
  • Bagian Pengendalian Mutu Produk dan Kesehatan
  • Market Researcher
  • Peneliti Bioteknologi
  • Bagian Perencanaan, Pengembangan, dan Penelitian Produk Bioteknologi
  • Ahli Diet (Dietitian)
  • Dosen
  • Research And Development (RnD)
  • Quality Assurance (QA) & Quality Control (QC)

Dengan memilih jurusan Ilmu dan Teknologi Pangan, Anda membuka berbagai peluang karier yang menjanjikan baik di sektor swasta maupun pemerintah.

Share: Facebook Twitter Linkedin
Leave a Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *